SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Peringkat Facebook saat ini menempati urutan ke 4 dunia setelah Goole,Yahoo, dan YouTube, dan menduduki peringkat 1 di Indonesia ( by alexa rangking )
Peringkat Facebook saat ini menempati urutan ke 4 dunia setelah Goole,Yahoo, dan YouTube, dan menduduki peringkat 1 di Indonesia ( by alexa rangking )
Gambar berikut ini contoh dari tampilan beranda pada facebook
PENGERTIAN FACEBOOK
Pengertian Facebook – Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Bagi para remaja, facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto pribadinya yang biasanya tak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya.
Berikut beberapa situs alternatif untuk mengakses facebook:
Data facebook :
- Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)
- Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, Middle East)
- Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)
- Revenue : 300 million USD (2008 est.)
- Net income : 47.4 million USD (2007 est.)
- Employees : 700 (November 2008)
- Website : facebook.com
- Type of site : Social network service
- Advertising : Banner ads, Referral marketing
- Registration : Required
- Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh
- Launched : February 2004
Cara-cara untuk beriklan dan penjualan dalam facebook
Ber iklan atau ber promosi sekarang bisa di bilang sudah menjadi keharusan untuk para produsen suatu produk atau layanan tertentu apa lagi bagi anda yang bergelut di online bisnis atau world wide web marketer. OK kali ini saya akan berbagi tentang beriklan tersebut khususnya di situs jejaring sosial Facebook.
Bagi anda yang ingin beriklan di google & facebook, anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri iya kan! tanpa perlu perantara orang lain sama sekali, jika Anda seorang pembeli media / klien, Anda hanya memerlukan kartu kredit atau paypal / alertPay untuk pembayaran.
Untuk Facebook, ada beberapa model:
1. Ads Board:
yaitu Sebuah halaman yang berisi gambar kecil (thumbnail) & teks deskripsi. Model biaya:Biaya Per Klik (BPK) berarti Anda akan dikenakan biaya setelah teks / flag anda klik pada pengguna dan Biaya Per Seribu (BPS) berarti Anda akan dikenakan biaya masing-masing iklan Anda telah berjalan 1000 kali, di mana Anda dapat juga memberikan pilihan atau pernyataan bahwa berapakah Anda akan berani membayar untuk iklan Anda yang akan ditampilkan diposting pada halaman utama / depan.
yaitu Sebuah halaman yang berisi gambar kecil (thumbnail) & teks deskripsi. Model biaya:Biaya Per Klik (BPK) berarti Anda akan dikenakan biaya setelah teks / flag anda klik pada pengguna dan Biaya Per Seribu (BPS) berarti Anda akan dikenakan biaya masing-masing iklan Anda telah berjalan 1000 kali, di mana Anda dapat juga memberikan pilihan atau pernyataan bahwa berapakah Anda akan berani membayar untuk iklan Anda yang akan ditampilkan diposting pada halaman utama / depan.
Contohnya seperti gambar di bawah ini
Keuntungan:
Facebook-yang terjadi sekarang, jika Anda berpikir bisa menggunakan, Facebook dapat digunakan sebagai media alternatif. Anda dapat menentukan sendiri anggaran anda dan juga model biayanya, BPK / BPT dan bisa ada penawaran / harga penawaran.
Facebook-yang terjadi sekarang, jika Anda berpikir bisa menggunakan, Facebook dapat digunakan sebagai media alternatif. Anda dapat menentukan sendiri anggaran anda dan juga model biayanya, BPK / BPT dan bisa ada penawaran / harga penawaran.
Kekurangan:
Facebook CMIIW-pasar pengguna untuk Indonesia saat ini <400,000, juga perlu diperhatikan tentang perilaku, usia, jenis kelamin, kelas SES-nya dll.
Facebook CMIIW-pasar pengguna untuk Indonesia saat ini <400,000, juga perlu diperhatikan tentang perilaku, usia, jenis kelamin, kelas SES-nya dll.
-Posisi merek, karena model yang ditawarkan oleh iklan forum ini semua merk / produk / jasa dapat mengelola anggaran sendiri, mereka cenderung lebih banyak merek / produk / jasa dari semua kategori.
-Look & Feel, sangat terbatas dengan gambar kecil / thumbnail dan teks juga terbatas, membuat iklan Anda sebagai iklan baris.
-Look & Feel, sangat terbatas dengan gambar kecil / thumbnail dan teks juga terbatas, membuat iklan Anda sebagai iklan baris.
2. Facebook Pages:
yaitu Sebuah halaman yang dibuat khusus untuk merek / produk / jasa perusahaan Anda, anggota Facebook lain dapat menambahkan ke daftar teman / fans, jika Anda merasa cocok dan mungkin ingin membangun komunitas melalui Facebook. Model Biaya: Gratis!
yaitu Sebuah halaman yang dibuat khusus untuk merek / produk / jasa perusahaan Anda, anggota Facebook lain dapat menambahkan ke daftar teman / fans, jika Anda merasa cocok dan mungkin ingin membangun komunitas melalui Facebook. Model Biaya: Gratis!
Keuntungan:
Seperti penarikan Profil Friendster-Base, kita juga dapat membuat halaman untuk merek / produk / jasa kita, yang dapat menjadi alternatif cara untuk memasarkan produk / jasa.
Seperti penarikan Profil Friendster-Base, kita juga dapat membuat halaman untuk merek / produk / jasa kita, yang dapat menjadi alternatif cara untuk memasarkan produk / jasa.
Kekurangan:
-Facebook Anda ini dapat melihat dan di add oleh orang lain sehingga perlu perawatan serius untuk itu seperti halnya mengelola sebuah website yang pastinya akan menyita waktu anda
-Facebook Anda ini dapat melihat dan di add oleh orang lain sehingga perlu perawatan serius untuk itu seperti halnya mengelola sebuah website yang pastinya akan menyita waktu anda
Contohnya seperti gambar di bawah ini
3. Iklan sosial: Lainnya seperti kotak Advetorial juga dapat dihubungkan dengan halaman Facebook / situs merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contohnya seperti gambar di bawah ini
4. Facebook Beacon:
yaitu Anda dapat mengambil keuntungan dari aplikasi yang menghubungkan Anda dengan pengguna Facebook lain, aplikasi bisa menjadi sarana soft / hard marketing, misalnya, jika Anda mengupdate situs Anda, pengguna akan mengetahui tentang hal itu. perlu diperhatikan juga jika Anda ingin yang lebih lagi, Anda dapat mencoba Facebook Platforms dimana untuk ini model biayanya adalah GRATIS!
yaitu Anda dapat mengambil keuntungan dari aplikasi yang menghubungkan Anda dengan pengguna Facebook lain, aplikasi bisa menjadi sarana soft / hard marketing, misalnya, jika Anda mengupdate situs Anda, pengguna akan mengetahui tentang hal itu. perlu diperhatikan juga jika Anda ingin yang lebih lagi, Anda dapat mencoba Facebook Platforms dimana untuk ini model biayanya adalah GRATIS!
Contohnya seperti gambar di bawah ini
5. Facebook Platform:
Lebih sering disebut sebagai widgets, dimana anda dapat menciptakan sebuah widget yang dapat digunakan untuk pemasaran merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis! (kecuali untuk membuat aplikasi Anda dapat menggunakan pengembangan vendor)
Lebih sering disebut sebagai widgets, dimana anda dapat menciptakan sebuah widget yang dapat digunakan untuk pemasaran merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis! (kecuali untuk membuat aplikasi Anda dapat menggunakan pengembangan vendor)
Keuntungan:
Dapat digunakan sebagai alternatif media / iklan.
Dapat digunakan sebagai alternatif media / iklan.
Kekurangan:
-Jika dihubungan dengan ROI, Anda harus benar-benar tahu aplikasi apa yang berguna untuk Merk / produk / layanan Anda.
-Pastikan Anda membuat aplikasi yang tidak menyebabkan anda merugi/repot dan target iklan yang diharapkan tidak tercapai..sudah repot beriklan tidak berhasil.
-Jika dihubungan dengan ROI, Anda harus benar-benar tahu aplikasi apa yang berguna untuk Merk / produk / layanan Anda.
-Pastikan Anda membuat aplikasi yang tidak menyebabkan anda merugi/repot dan target iklan yang diharapkan tidak tercapai..sudah repot beriklan tidak berhasil.
Contohnya seperti gambar di bawah ini
Media lain yang bisa digunakan di Facebook kita:
1. Facebook Polls: Anda dapat melakukan sebuah survey kepada pengguna Facebook untuk merk / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contoh gambarnya;
2. Facebook Insights: Anda dapat melakukan penelitian dalam skala kecil kepada pengguna Facebook tentang keunggulan dan kekurangan merk / produk / jasa anda.Cost Model: Free!
Contoh gambarnya;
Keunggulan Facebook
Beberapa Kelebihan Facebook dibanding situs Jejaring Sosial Lainnya :
1. Facebook merupakan situs jaringan sosial terbesar di dunia saat ini.
2. Tampilan facebook lebih simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis seperti friendster, myspace, dll.
3. Menu lebih lengkap dan mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan facebooker yang masih pemula (newbie).
4. Di facebook kita dapat mengetahui siapa-siapa saja teman kita yang sedang online dan dapat melakukan chatting dengan mudah.
5. Dalam hal translate bahasa, facebook nomer satu. Karena facebook memyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang lebih lengkap.
6. Di facebook, anda akan merasa sangat nyaman karena tidak adanya iklan yang tampil di profil facebook anda.
7. Info-info facebook lebih lengkap seperti lowongan pekerjaan, universitas, dll.
8. Keamanan account terjamin.
9. Aplikasi di facebook tidak kalah menarik dengan aplikasi situs jaringan sosial lainnya.
10. Kebanyakan artis, pejabat, penyayi, grup band, dll. Menggunakan facebook sebagai situs jaringan sosial yang mereka andalkan.
ketergantungan pada facebook
Catatan kecil saja :
-Dalam menggunakan Facebook atau google adword atau program sejenis yang banyak di world wide web untuk sarana promosi merk produk / jasa anda, anda harus benar-benar memahami kata kunci apa yang orang akan cari yang bisa menghubungkannya dengan brand / produk / jasa.
-Dalam perilaku pasar Indonesia, menampilkan iklan Banner tampak lebih menarik daripada teks.
Merek-Positioning, Teks, Anda hanya dapat muncul pada situs web yang mungkin tidak relevan bahkan mengandung unsur-unsur Pornografi / SARA, jika Anda tidak berhati-hati.
-Dalam menggunakan Facebook atau google adword atau program sejenis yang banyak di world wide web untuk sarana promosi merk produk / jasa anda, anda harus benar-benar memahami kata kunci apa yang orang akan cari yang bisa menghubungkannya dengan brand / produk / jasa.
-Dalam perilaku pasar Indonesia, menampilkan iklan Banner tampak lebih menarik daripada teks.
Merek-Positioning, Teks, Anda hanya dapat muncul pada situs web yang mungkin tidak relevan bahkan mengandung unsur-unsur Pornografi / SARA, jika Anda tidak berhati-hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar