Kamis, 17 Februari 2011

aplikasi website facebook


SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK






Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.

Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.

Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Peringkat Facebook saat ini menempati urutan ke 4 dunia setelah Goole,Yahoo, dan YouTube, dan menduduki peringkat 1 di Indonesia ( by alexa rangking )
Gambar berikut ini contoh dari tampilan beranda pada facebook

PENGERTIAN FACEBOOK

Pengertian Facebook – Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Bagi para remaja, facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto pribadinya yang biasanya tak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya.

Berikut beberapa situs alternatif untuk mengakses facebook:
 
berikut susunan kepemimpinan dan kantor pusat serta cabang Facebook yang tersebar di seluruh dunia:
Pendiri dan CEO: Mark Zuckerberg
CEO: Sherly Sanberg
Direktur Bagian Produk : Christopher Cox
Direktur Bagian HRD : Lori Goler
Wakil Direktur : Jonathan Heiliger, Chamath Palihapitiya, Mike Murphy, Dan Rose, Elliot Schrage, Mike Schroepfer, Ted Ullyot, dan Gideon yu.
Kantor Pusat : Palo Alto (California)
Kantor Cabang : New York (Atlanta, Chicago, Dallas, Detroit), dan California (Venice Beach)
Kantor Internasional : Irlandia (Dublin), London dan Paris

Data facebook :
  • Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)
  • Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, Middle East)
  • Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)
  • Revenue : 300 million USD (2008 est.)
  • Net income : 47.4 million USD (2007 est.)
  • Employees : 700 (November 2008)
  • Website : facebook.com
  • Type of site : Social network service
  • Advertising : Banner ads, Referral marketing
  • Registration : Required
  • Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh
  • Launched : February 2004


Cara-cara  untuk beriklan dan penjualan dalam facebook


Ber iklan atau ber promosi sekarang bisa di bilang sudah menjadi keharusan untuk para produsen suatu produk atau layanan tertentu apa lagi bagi anda yang bergelut di online bisnis atau world wide web marketer. OK kali ini saya akan berbagi tentang beriklan tersebut khususnya di situs jejaring sosial Facebook.
Bagi anda yang ingin beriklan di google & facebook, anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri iya kan! tanpa perlu perantara orang lain sama sekali, jika Anda seorang pembeli media / klien, Anda hanya memerlukan kartu kredit atau paypal / alertPay untuk pembayaran.

Untuk Facebook, ada beberapa model:


1. Ads Board:
yaitu Sebuah halaman yang berisi gambar kecil (thumbnail) & teks deskripsi. Model biaya:Biaya Per Klik (BPK) berarti Anda akan dikenakan biaya setelah teks / flag anda klik pada pengguna dan Biaya Per Seribu (BPS) berarti Anda akan dikenakan biaya masing-masing iklan Anda telah berjalan 1000 kali, di mana Anda dapat juga memberikan pilihan atau pernyataan bahwa berapakah Anda akan berani membayar untuk iklan Anda yang akan ditampilkan diposting pada halaman utama / depan.
Contohnya seperti gambar di bawah ini


Keuntungan:
Facebook-yang terjadi sekarang, jika Anda berpikir bisa menggunakan, Facebook dapat digunakan sebagai media alternatif. Anda dapat menentukan sendiri anggaran anda  dan juga model biayanya,  BPK / BPT dan bisa ada penawaran / harga penawaran.
Kekurangan:
Facebook CMIIW-pasar pengguna untuk Indonesia saat ini <400,000, juga perlu diperhatikan tentang perilaku, usia, jenis kelamin, kelas SES-nya dll.
3 Rahasia ber iklan GRATIS di Facebook
-Posisi merek, karena model yang ditawarkan oleh iklan forum ini semua merk / produk / jasa dapat mengelola anggaran sendiri, mereka cenderung lebih banyak merek / produk / jasa dari semua kategori.
-Look & Feel, sangat terbatas dengan gambar kecil / thumbnail dan teks juga terbatas, membuat iklan Anda sebagai iklan baris.


2. Facebook Pages:
yaitu Sebuah halaman yang dibuat khusus untuk merek / produk / jasa perusahaan Anda, anggota Facebook lain dapat menambahkan ke daftar teman / fans, jika Anda merasa cocok dan mungkin ingin membangun komunitas melalui Facebook.  Model Biaya: Gratis!
Keuntungan:
Seperti penarikan Profil Friendster-Base, kita juga dapat membuat halaman untuk merek / produk / jasa kita, yang dapat menjadi alternatif cara untuk memasarkan produk / jasa.
Kekurangan:
-Facebook Anda ini dapat melihat dan di add oleh orang lain sehingga perlu perawatan serius untuk itu seperti halnya mengelola sebuah website yang pastinya akan menyita waktu anda
Contohnya seperti gambar di bawah ini



3. Iklan sosial: Lainnya seperti kotak Advetorial juga dapat dihubungkan dengan halaman Facebook / situs merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contohnya seperti gambar di bawah ini

4. Facebook Beacon:
yaitu Anda dapat mengambil keuntungan dari aplikasi yang menghubungkan Anda dengan pengguna Facebook lain, aplikasi bisa menjadi sarana soft / hard marketing, misalnya, jika Anda mengupdate situs Anda, pengguna akan mengetahui tentang hal itu. perlu diperhatikan juga jika Anda ingin yang lebih lagi, Anda dapat mencoba Facebook Platforms dimana untuk ini model biayanya adalah GRATIS!
Contohnya seperti gambar di bawah ini


5. Facebook Platform:
Lebih sering disebut sebagai widgets, dimana anda dapat menciptakan sebuah widget yang dapat digunakan untuk pemasaran merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis! (kecuali untuk membuat aplikasi Anda dapat menggunakan pengembangan vendor)
Keuntungan:
Dapat digunakan sebagai alternatif media / iklan.
Kekurangan:
-Jika dihubungan dengan ROI, Anda harus benar-benar tahu aplikasi apa yang berguna untuk Merk / produk / layanan Anda.
-Pastikan Anda membuat aplikasi yang tidak menyebabkan anda merugi/repot dan target iklan yang diharapkan tidak tercapai..sudah repot beriklan tidak berhasil.
Contohnya seperti gambar di bawah ini



Media lain yang bisa digunakan di Facebook kita:
1.      Facebook Polls: Anda dapat melakukan sebuah survey kepada pengguna Facebook  untuk merk / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contoh gambarnya;


2.      Facebook Insights: Anda dapat melakukan penelitian dalam skala kecil kepada pengguna Facebook tentang keunggulan dan kekurangan merk / produk / jasa anda.Cost Model: Free!
Contoh gambarnya;


Keunggulan Facebook


Beberapa Kelebihan Facebook dibanding situs Jejaring Sosial Lainnya :

1. Facebook merupakan situs jaringan sosial terbesar di dunia saat ini.

2. Tampilan facebook lebih simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis seperti friendster, myspace, dll.

3. Menu lebih lengkap dan mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan facebooker yang masih pemula (newbie).

4. Di facebook kita dapat mengetahui siapa-siapa saja teman kita yang sedang online dan dapat melakukan chatting dengan mudah.

5. Dalam hal translate bahasa, facebook nomer satu. Karena facebook memyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang lebih lengkap.

6. Di facebook, anda akan merasa sangat nyaman karena tidak adanya iklan yang tampil di profil facebook anda.

7. Info-info facebook lebih lengkap seperti lowongan pekerjaan, universitas, dll.

8. Keamanan account terjamin.

9. Aplikasi di facebook tidak kalah menarik dengan aplikasi situs jaringan sosial lainnya.

10. Kebanyakan artis, pejabat, penyayi, grup band, dll. Menggunakan facebook sebagai situs jaringan sosial yang mereka andalkan.

Kelebihan dan kekurangan facebook
Ada beberapa kelebihan facebook  di antaranya adalah :
- bisa ketemu dengan teman-teman lama tanpa bertemu muka
- media yang mempermudah kita untuk berkomunikasi
- media komunikasi massa yang murah dan gratis
- banyak orang yang bergabung termasuk yang gaptek sekalipun
- banyak fitur yang berguna dan menyenangkan
- jadi inspirasi bagi pemerintah jika mau punya data online penduduknya di mana penduduknya senang menggunakannya
- bisa main game-game asyik yang menghilangkan stress
- memaksa/membuat orang yang tidak kenal komputer & internet

beberapa kekurangan facebooknya  :
- mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk
- banyak penipu dan penjahat online bergentayangan cari mangsa
- data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
- kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain
- berbahaya bagi yang terlalu jujur, rajin curhat, kurang waspada, dll
- membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan hidup nyata
- membuang uang jika punya uang terbatas dan internet mahal




ketergantungan pada facebook
Riset yang dilakukan Pile pada akhirnya mengungkapkan lima tanda ketergantungan Facebook yang patut diwaspadai. Seseorang dikategorikan ketergantungan Facebook jika:
1. Tidur larut malam akibat asyik mengakses Facebook
2. Mengaksesnya lebih dari dua jam
3. Terobsesi menemukan kawan lama melalui Facebook
4. Mengabaikan pekerjaan demi berlama-lama mengakses Facebook
5. Merasa tak bisa hidup tanpa Facebook

Untuk mengujinya, Pile menyarankan Anda melakukan tes kecil, "Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus," tandasnya. (srn)



Catatan kecil saja :
-Dalam menggunakan Facebook atau google adword atau program sejenis yang banyak di world wide web untuk sarana promosi merk produk / jasa anda, anda harus benar-benar memahami kata kunci apa yang orang akan cari yang bisa menghubungkannya dengan brand / produk / jasa.
-Dalam perilaku pasar Indonesia, menampilkan iklan Banner tampak lebih menarik daripada teks.
Merek-Positioning, Teks, Anda hanya dapat muncul pada situs web yang mungkin tidak relevan bahkan mengandung unsur-unsur Pornografi / SARA, jika Anda tidak berhati-hati.



Rabu, 16 Februari 2011


PENGERTIAN DARI STRUKTUR DAN ORGANISASI DATA
Pengertian Pengorganisasian
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Organisasi adalah pengelompokan suatu data untuk mencapai tujuan tertentu .
ada beberapa jenis yang berkaitan dengan data antara lain :
Syarat data
Obyektif, data sesuai dengan keadaan sebenarnya atau kenyataan.
Relevan, sesuai dengan kepentingan atau tujuan yang diinginkan.
Standard error kecil.

Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Pengertian Struktur Data

Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Pengertian Data

Ada banyak pengertian tentang data, secara sederhana data adalah fakta kasar atau gambaran yang dikumpulkan dari keadaam tertentu yang berisi fakta yang masih kasar dan belum diolah, berikut beberapa hal yang berkaitan dengan data:
a. Syarat Data

* Obyektif, data sesuai dengan keadaan sebenarnya atau kenyataan.
* Relevan, sesuai dengan kepentingan atau tujuan yang diinginkan.
* Standard error kecil.

b. Macam-macam data
1. Berdasarkan sifatnya

* Data kwantitatif, data dalam bentuk angka atau bilangan, Contohnya; 6,4,3,4,7
* Data kwalitatif, data bukan dalam bentuk angka, tetapi dalam bentuk pernyataan dan atau kategori, Contohnya: Baik, buruk .

2. Berdasarkan sumbernya

* Data internal, data yang berasal dari dalam organisasi.
* Data eksternal, data yang berasal dari luar organisasi.

3. Berdasarkan cara memperoleh

* Data primer, data yang diperoleh dari sumber pertama/sumber data, data ini biasanya belum diolah.
* Data sekunder, data yang diperoleh dari pihak kedua,data ini biasanya sudah dalam keadaan diolah

4. Berdasarkan cakupannya

* Data Sensus, diperoleh dari populasi.
* Data Sampel, siperoleh dari sampel.

5. Berdasarkan skala pengukurannya

* Nominal
* Ordinal
* Interval
* Rasio


TENTANG TYPE DATA DAN TYPE STRUKTUR DATA
Macam-macam dari Tipe Data adalah:

a. Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadecimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
- Byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
- Short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
- Int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
-Long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.

b. Char
Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda ‘ ( petik tunggal ).

c. String
Merupakan urutan-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.

d. Real
Nilai konstanta numeric real berkisar dari 1E-38 sampai 1E+38. E menunjukkan nilai 10 pangkat, dan tipe data ini menempati memori sebesar6 byte.

e. Boolean
Tipe data boolean terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.

Secara garis besar type data dapat dikategorikan menjadi:
Type data sederhana.

* Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter.
* Type data sederhana majemuk, misalnyaString

Struktur Data, meliputi:

* Struktur data sederhana, misalnya array dan record.
* Struktur data majemuk, yang terdiri dari:

Linier : Stack, Queue, sertaList dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph

Pemakaian struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah:
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )

REVIEW RECORD (REKAMAN)
Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan oleh pemrogram.
Rekaman disebut juga tipe terstruktur
Contoh :
1. type Titik : record
jika P dideklarasikan sebagai Titik maka
mengacu field pada P adalah P.x dan P.y.
2. Didefinisikan tipe terstruktur yang mewakili Jam yang terdiri
atas jam (hh), menit (mm) dan detik (ss), maka cara menulis
type Jam adalah :
type JAM : record
mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}>
Jika J adalah peubah (variabel) bertipe Jam
maka cara mengacu tiap field adalah J.hh, J.mm dan J.ss

Terjemahan dalam bahasa C :
1. type Titik : record
diterjemahkan menjadi :
typedef struct { float x;
float y;
} Titik;
2. type JAM : record

mm : integer, {0…59}
ss : integer {0…59}
>
Diterjemahkan menjadi :
typedef struct
{ int hh; /*0…23*/
int mm; /*0…59*/
int ss; /*0…59*/
} Jam;

Tipe-tipe data yang berlaku:

Tipe Data Sederhana
• Integer
• Boolean
• Char
• Subrange
• Terbilang
• Real

Tipe Integer
• Tipe data ini digunakan untuk menyatakan
bilangan bulat karena tidak mempunyai
titik decimal sehingga tidak diperbolehkan
menggunakan karakter koma antara dua
bilangan.

Tipe Data String
Data yang bertipe string adalah data yang
berisi sederetan karakter yang banyaknya
karakter bisa berubah-ubah sesuai
kebutuhan, yaitu dari 1 sampai 255
karakter. Tipe data string yang tidak
dinyatakan panjang karakternya dianggap
mempunyai 255 karakter.

Contoh String
Bentuk umum dari deklarasi tipe string adalah :
• Type pengenal =string[panjang];
Dengan
• Pengenal : nama tipe data
• panjang : bilangan bulat yang menyatkan
banyaknya karakter
Contoh
• Type nama = string[30]

Tipe Data Terstruktur
Dalam tipe data tersetruktur setiap perubah
bisa menyipan lebih dari sebuah nilai data.
Masing-masing nilai data disebut
komponen. Karakteristik data bertipe
tersetruktur ditentukan berdasarkan cara
penstrukturan dan tipe masing-masing
komponen.

Anggota Tipe Data terstruktur
Didalam tipe data ini ada tipe data :
• larik/array
• Record
• Objek
• File
Contoh type data pada struktur data:
1.      Tipe data Char dan String
Ini merupakan tipe data dasar, tipe data ini didefinisikan pada deklarsi var dibagian algoritma/program.
Example : Var Nama : String
Nilai : Char

Keterangan :
Nama merupakan sebuah variabel didefinisikan sebagai variabel bertipe string, maksudnya pada variabel tersebut digunakan untuk menerima masukan sebuah nama yang terdiri dari sekumpulan huruf, dapat berupa huruf besar, kecil, atau campuran kedua-duanya.
Nilai, didefinisikan sebagai variabel yang bertipe data char, maksudnya variabel tersebut hanya dapat digunakan untuk memasukkan sebuah huruf dari huruf besar, seperti A, B, C,.. atau huruf kecil, a, b, c, ….
2.      Tipe data Boolean
Tipe data ini digunakan untuk pengambilan keputusan dalam operasi logika. Terdiri dari true disimbolkan ‘T’ dan False yang disimbolkan ‘F’. Ketika kita ingin mendapatklan hasil yang valid/pasti, kita menggunakan tipe data boolean untuk memperoleh keputusan dalam suatu penyelesaian yang pasti.

3.      Tipe Data Integer
Merupakan tipe data bilangan bulat.

Tipe Data

Rentang nilai

Memori

Byte

0…255

1 byte

Word

0…65.555

1 byte

Integer

-32.768 s.d 32.767

2 byte

Long Integer

-2.147.483.648

4 byte
4.       Tipe Data Real
Merupakan tipe data bilangan pecahan seperti real, single, double, comp, extend.

5.      Tipe Data Subrange
Merupakan tipe data bilangan yang punya jangkauan nilai tertentu sesuai dengan definisi pada pemrogram.
Example:
Type Variabel=Nilai_awal…Nilai_akhir

6.      Tipe Data Enumerasi
Merupakan tipe data yang memiliki elemen-elemen tertentu yang disebut satu/satu dari bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya. Pada tipe data ini elemen masukan diwakili oleh suatu nama variable yang ditlis di dalam kurung.
Example :
Indeks_Hari = (Nol, Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu)




aplikasi website facebook


SEJARAH BERDIRINYA FACEBOOK

facebook office




Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.

Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.

Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.

Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Peringkat Facebook saat ini menempati urutan ke 4 dunia setelah Goole,Yahoo, dan YouTube, dan menduduki peringkat 1 di Indonesia ( by alexa rangking )
Gambar berikut ini contoh dari tampilan beranda pada facebook

 

PENGERTIAN FACEBOOK

Pengertian Facebook – Dewasa ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Bagi para remaja, facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto pribadinya yang biasanya tak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya.

Berikut beberapa situs alternatif untuk mengakses facebook:
 
berikut susunan kepemimpinan dan kantor pusat serta cabang Facebook yang tersebar di seluruh dunia:
Pendiri dan CEO: Mark Zuckerberg
CEO: Sherly Sanberg
Direktur Bagian Produk : Christopher Cox
Direktur Bagian HRD : Lori Goler
Wakil Direktur : Jonathan Heiliger, Chamath Palihapitiya, Mike Murphy, Dan Rose, Elliot Schrage, Mike Schroepfer, Ted Ullyot, dan Gideon yu.
Kantor Pusat : Palo Alto (California)
Kantor Cabang : New York (Atlanta, Chicago, Dallas, Detroit), dan California (Venice Beach)
Kantor Internasional : Irlandia (Dublin), London dan Paris

Data facebook :
  • Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)
  • Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, Middle East)
  • Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)
  • Revenue : 300 million USD (2008 est.)
  • Net income : 47.4 million USD (2007 est.)
  • Employees : 700 (November 2008)
  • Website : facebook.com
  • Type of site : Social network service
  • Advertising : Banner ads, Referral marketing
  • Registration : Required
  • Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh
  • Launched : February 2004


Cara-cara  untuk beriklan dan penjualan dalam facebook
1 Rahasia ber iklan GRATIS di Facebook
Ber iklan atau ber promosi sekarang bisa di bilang sudah menjadi keharusan untuk para produsen suatu produk atau layanan tertentu apa lagi bagi anda yang bergelut di online bisnis atau world wide web marketer. OK kali ini saya akan berbagi tentang beriklan tersebut khususnya di situs jejaring sosial Facebook.
Bagi anda yang ingin beriklan di google & facebook, anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri iya kan! tanpa perlu perantara orang lain sama sekali, jika Anda seorang pembeli media / klien, Anda hanya memerlukan kartu kredit atau paypal / alertPay untuk pembayaran.

Untuk Facebook, ada beberapa model:
2 Rahasia ber iklan GRATIS di Facebook
1. Ads Board:
yaitu Sebuah halaman yang berisi gambar kecil (thumbnail) & teks deskripsi. Model biaya:Biaya Per Klik (BPK) berarti Anda akan dikenakan biaya setelah teks / flag anda klik pada pengguna dan Biaya Per Seribu (BPS) berarti Anda akan dikenakan biaya masing-masing iklan Anda telah berjalan 1000 kali, di mana Anda dapat juga memberikan pilihan atau pernyataan bahwa berapakah Anda akan berani membayar untuk iklan Anda yang akan ditampilkan diposting pada halaman utama / depan.
Contohnya seperti gambar di bawah ini
Keuntungan:
Facebook-yang terjadi sekarang, jika Anda berpikir bisa menggunakan, Facebook dapat digunakan sebagai media alternatif. Anda dapat menentukan sendiri anggaran anda  dan juga model biayanya,  BPK / BPT dan bisa ada penawaran / harga penawaran.
Kekurangan:
Facebook CMIIW-pasar pengguna untuk Indonesia saat ini <400,000, juga perlu diperhatikan tentang perilaku, usia, jenis kelamin, kelas SES-nya dll.
3 Rahasia ber iklan GRATIS di Facebook
-Posisi merek, karena model yang ditawarkan oleh iklan forum ini semua merk / produk / jasa dapat mengelola anggaran sendiri, mereka cenderung lebih banyak merek / produk / jasa dari semua kategori.
-Look & Feel, sangat terbatas dengan gambar kecil / thumbnail dan teks juga terbatas, membuat iklan Anda sebagai iklan baris.


2. Facebook Pages:
yaitu Sebuah halaman yang dibuat khusus untuk merek / produk / jasa perusahaan Anda, anggota Facebook lain dapat menambahkan ke daftar teman / fans, jika Anda merasa cocok dan mungkin ingin membangun komunitas melalui Facebook.  Model Biaya: Gratis!
Keuntungan:
Seperti penarikan Profil Friendster-Base, kita juga dapat membuat halaman untuk merek / produk / jasa kita, yang dapat menjadi alternatif cara untuk memasarkan produk / jasa.
Kekurangan:
-Facebook Anda ini dapat melihat dan di add oleh orang lain sehingga perlu perawatan serius untuk itu seperti halnya mengelola sebuah website yang pastinya akan menyita waktu anda
Contohnya seperti gambar di bawah ini


3. Iklan sosial: Lainnya seperti kotak Advetorial juga dapat dihubungkan dengan halaman Facebook / situs merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contohnya seperti gambar di bawah ini
4. Facebook Beacon:
yaitu Anda dapat mengambil keuntungan dari aplikasi yang menghubungkan Anda dengan pengguna Facebook lain, aplikasi bisa menjadi sarana soft / hard marketing, misalnya, jika Anda mengupdate situs Anda, pengguna akan mengetahui tentang hal itu. perlu diperhatikan juga jika Anda ingin yang lebih lagi, Anda dapat mencoba Facebook Platforms dimana untuk ini model biayanya adalah GRATIS!
Contohnya seperti gambar di bawah ini

5. Facebook Platform:
Lebih sering disebut sebagai widgets, dimana anda dapat menciptakan sebuah widget yang dapat digunakan untuk pemasaran merek / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis! (kecuali untuk membuat aplikasi Anda dapat menggunakan pengembangan vendor)
Keuntungan:
Dapat digunakan sebagai alternatif media / iklan.
Kekurangan:
-Jika dihubungan dengan ROI, Anda harus benar-benar tahu aplikasi apa yang berguna untuk Merk / produk / layanan Anda.
-Pastikan Anda membuat aplikasi yang tidak menyebabkan anda merugi/repot dan target iklan yang diharapkan tidak tercapai..sudah repot beriklan tidak berhasil.
Contohnya seperti gambar di bawah ini


Media lain yang bisa digunakan di Facebook kita:
1.      Facebook Polls: Anda dapat melakukan sebuah survey kepada pengguna Facebook  untuk merk / produk / layanan Anda. Model Biaya: Gratis!
Contoh gambarnya;
2.      Facebook Insights: Anda dapat melakukan penelitian dalam skala kecil kepada pengguna Facebook tentang keunggulan dan kekurangan merk / produk / jasa anda.Cost Model: Free!
Contoh gambarnya;

Keunggulan Facebook


Beberapa Kelebihan Facebook dibanding situs Jejaring Sosial Lainnya :

1. Facebook merupakan situs jaringan sosial terbesar di dunia saat ini.

2. Tampilan facebook lebih simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis seperti friendster, myspace, dll.

3. Menu lebih lengkap dan mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan facebooker yang masih pemula (newbie).

4. Di facebook kita dapat mengetahui siapa-siapa saja teman kita yang sedang online dan dapat melakukan chatting dengan mudah.

5. Dalam hal translate bahasa, facebook nomer satu. Karena facebook memyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang lebih lengkap.

6. Di facebook, anda akan merasa sangat nyaman karena tidak adanya iklan yang tampil di profil facebook anda.

7. Info-info facebook lebih lengkap seperti lowongan pekerjaan, universitas, dll.

8. Keamanan account terjamin.

9. Aplikasi di facebook tidak kalah menarik dengan aplikasi situs jaringan sosial lainnya.

10. Kebanyakan artis, pejabat, penyayi, grup band, dll. Menggunakan facebook sebagai situs jaringan sosial yang mereka andalkan.

Kelebihan dan kekurangan facebook
Ada beberapa kelebihan facebook  di antaranya adalah :
- bisa ketemu dengan teman-teman lama tanpa bertemu muka
- media yang mempermudah kita untuk berkomunikasi
- media komunikasi massa yang murah dan gratis
- banyak orang yang bergabung termasuk yang gaptek sekalipun
- banyak fitur yang berguna dan menyenangkan
- jadi inspirasi bagi pemerintah jika mau punya data online penduduknya di mana penduduknya senang menggunakannya
- bisa main game-game asyik yang menghilangkan stress
- memaksa/membuat orang yang tidak kenal komputer & internet

beberapa kekurangan facebooknya  :
- mulai marak spam dari orang yang mau promosi produk
- banyak penipu dan penjahat online bergentayangan cari mangsa
- data diri pribadi kita bisa tersebar pada pihak yang tidak diinginkan
- kegiatan hidup personal kita diketahui pihak lain
- berbahaya bagi yang terlalu jujur, rajin curhat, kurang waspada, dll
- membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan hidup nyata
- membuang uang jika punya uang terbatas dan internet mahal




ketergantungan pada facebook
Riset yang dilakukan Pile pada akhirnya mengungkapkan lima tanda ketergantungan Facebook yang patut diwaspadai. Seseorang dikategorikan ketergantungan Facebook jika:
1. Tidur larut malam akibat asyik mengakses Facebook
2. Mengaksesnya lebih dari dua jam
3. Terobsesi menemukan kawan lama melalui Facebook
4. Mengabaikan pekerjaan demi berlama-lama mengakses Facebook
5. Merasa tak bisa hidup tanpa Facebook

Untuk mengujinya, Pile menyarankan Anda melakukan tes kecil, "Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus," tandasnya. (srn)



Catatan kecil saja :
-Dalam menggunakan Facebook atau google adword atau program sejenis yang banyak di world wide web untuk sarana promosi merk produk / jasa anda, anda harus benar-benar memahami kata kunci apa yang orang akan cari yang bisa menghubungkannya dengan brand / produk / jasa.
-Dalam perilaku pasar Indonesia, menampilkan iklan Banner tampak lebih menarik daripada teks.
Merek-Positioning, Teks, Anda hanya dapat muncul pada situs web yang mungkin tidak relevan bahkan mengandung unsur-unsur Pornografi / SARA, jika Anda tidak berhati-hati.