Minggu, 01 Januari 2012

mengenal akan sebuah informasi


¨     PENGERTIAN INFORMASI
Informasi merupakan hasil proses data-data yang beragam yang telah dibentuk sedemikan rupa sehingga sesuai dengan permintaan pengguna, tentunya telah mengalami proses yang telah tersusun dengan baik dan benar dengan kriteria yang diinginkan. Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen didalam pengambilan keputusan. Informasi adalah data yang telah diolah dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kumpulan angka maupun karakter yang mempunyai arti tertentu dan diambil dari realita atau kenyataan yang terjadi pada suatu lokasi.
Informasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Data yang telah diolah.
2. Menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima.
3. Menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan nyata.
4. Digunakan untuk mengambil keputusan Penghubung sistem merupakan penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya yang memungkinkan adanya sumber-sumber daya mengalir dari satu sub sistem dengan sub sistem yang lainnya.
5. Masukkan Sistem (Input) Masukkan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem yang dapat berupa masukkan perawatan (Maintenance Input) dan masukkan sinyal (Signal Input).
6. Keluaran Sistem (Output) Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat berupa masukan dari subsistem yang lain atau kepada supra sistem.
7. Pengolah Sistem (Process)
Pengolah sistem akan mengubah masukan menjadi keluaran.
8. Sasaran Sistem (Objectives) Sasaran sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil jika mengenai sasaran atau tujuan.

Fungsi-fungsi Informasi
l  Adapun fungsi-fungsi informasi adalah sebagai berikut:
l  Untuk meningkatkan pengetahuan bagi sipemakai
l  Untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan pemakai
l  Mengambarkan keadaan yang sebenarnya dari sesuatu hal.

Kualitas Informasi
Kualitas dari informasi (Quality Of Information) sangat tergantung dari
tiga hal, yaitu :
a.Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan - kesalahan dan tidak menyesatkan sehingga hasil dari informasi dapat digunakan sebagai acuan bagi pengguna informasi untuk mengambil keputusan.
 b.Relevan, berarti informasi tersebut harus bermanfaat bagi penggunanya karena relevansi informasi untuk tiap - tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Informasi tersebut juga harus tepat waktu, karena informasi yang usang tidak akan mempunyai nilai lagi.
c.Jelas, berarti informasi yang ada harus jelas sehingga tidak menimbulkan
kebingungan dan kerancuan data bagi pengguna informasi yang ada.
Nilai Informasi
Nilai informasi (Value of Information) ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanny. Kegunaan informasi adalah untuk mengurangi ketidakpastian didalam pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Masalahnya adalah berapa yang harus dibayar perusahaan untuk mendapatkan informasi tersebut. Apakah informasi yang didapat sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya?. Bila manfaat dari informasi tersebut sepadan atu lebih besar atau lebih efektif Terdiri dari satu kesataun usaha dari bagian-bagian yang saling tergantung dan berinteraksi satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar