Kamis, 31 Maret 2011

Tempat yang kurang saya sukai adalah kota JAKARTA.

jakarta menurut saya pertumbuhan penduduknya melebihi batas kota jakarta itus ndiri ditambah polusi dan kemacetan dimana mana,pantai ancol pun tercemar itu alasan kenapa saya agak kurang suka jakarta .


Kepadatan Penduduk di Jakarta
Mungkin kalian sudah tidak asing mendengar tentang padatnya penduduk di Jakarta. Ya memang wajar karena Jakarta hingga sekarang adalah ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Republik Indonesia, kepadatan ini mungkin disebabkan karena kurang meratanya pembangunan di setiap daerah di Indonesia sehingga warga - warga dari daerah lain akan bermigrasi ke Jakarta, akibat kepadatan ini antara lain
                                           
   RUMAH DI BANTARAN SUNGAI
Kalau dilihat memang agak sulit menemukan solusinya karena ada faktor tertentu misalnya masalah perekonomian yang belakangan ini menurun di negara kita ini. Namun bukan tidak ada solusinya, misalnya pengendalian jumlah penduduk, transfer penduduk, dan yang mungkin saat ini sedang direncanakan yaitu pemindahan pusat pemerintahan ke kota lain. Yang pertama yaitu pengendalian jumlah penduduk, di Indonesia sendiri sebenarnya sudah menerapkan program untuk mengendalikan jumlah penduduk yaitu dengan adanya PROGRAM KELUARGA BERENCANA, program ini terbukti lumayan ampuh untuk menekan jumlah penduduk di Jakarta walaupun disebagian daerah masih ada warga yang belum menerapkan program ini. Kedua yaitu dengan cara transfer penduduk yaitu dengan memberi penyuluhan dan kerja nyata oleh pemerintah bahasa kasarnya yaitu untuk menyuruh warga - warga pendatang ataupun warga pribumi untuk pindah ke daerah atau kota lain demi memajukan daerah yang bersangkutan tersebut, namun cara ini mungkin tidak efisien karena penduduk di Jakarta mungkin sudah betah dengan kota ini. Ketiga yaitu dengan cara memindahkan pusat pemerintahan dari kota jakarta ke daerah lain, memang program ini agak riskan karena dari awal negara Indonesia merdeka pusat pemerintahannya adalah di Jakarta ini. Namun program ini jika dilaksanakan akan memberikan pengaruh besar bagi penduduk di Jakarta, orang - orang yang bersangkutan dengan pemerintahan juga akan ikut pindah ke daerah tersebut belum lagi warga - warga dari daerah lain mungkin akan tidak ke Jakarta lagi karena daerah yang akan dijadikan pusat pemerintahan itu pasti akan dikembangkan dan dibuat lebih maju seperti Jakarta dan otomatis mereka akan kesana. Memang agak sulit pelaksanaannya dan belum tentu warga yang ada di jakarta akan ikut pindah walau hanya beberapa persen. Itulah mungkin beberapa solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk yang membludak di Jakarta walaupun mungkin tidak akan seefisien rencananya.
Mungkin ini hanya opini saya terhadap solusi untuk menangani kepadatan penduduk di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar